Dana Hibah Rp.800 Juta Diduga Diselewengkan Oleh Oknum Pengurus KNPI Tapanuli selatan

Date:

Tapanuli Selatan –InfoBeritaKarawang. Dugaan penyelewengan dana bantuan yang dikucurkan pada Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapanuli Selatan tahun 2019,agaknya membuahkan hasil yang kurang sedap dan berbau praktek korupsi dan sangat berpotensi merugikan keuangan negara.

Dan aroma ini sudah terendus oleh pihak Kejaksaan Negeri Tapanuli Selatan (Tapsel), dan pihak kejaksaan sudah mulai melakukan tindakan hukum dengan memanggil 9 orang terkait penggunaan dana hibah Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Tapsel tahun 2019. Kejaksaan menduga dana sebesar Rp 800 Juta tersebut diselewengkan oleh pengurus KNPI Tapsel periode 2018-2021.

Menurut pihak kejaksaan bahwa pihaknya masih melakukan keterangan dari pihak-pihak yang terkait, “Masih dimintai keterangan, full data dan full bucket, dari orang-orang yang terlibat. Siapa yang terlibat, berarti pelaksana dari kegiatan-kegiatan itu,” kata Kepala Seksi Intelijen (Kasi Intel) Kejaksaan Negeri (Kejari) Tapsel, Samandhohar Munthe, ketika dikonfirmasi Jumat (24/12/2021).

Disebutkan, dari 9 orang tersebut beberapa di antaranya merupakan pengurus KNPI Tapsel periode 2018-2021. Salah satunya adalah Nasrul Siregar yang ketika itu menjabat sebagai Bendahara.

Masih kata Samandhohar, pemeriksaan yang dilakukan masih dalam tahap pemeriksaan bukti-bukti dokumen. Pemeriksaan itu, kata dia, belum menyentuh bukti fisik ataupun bukti pendukung lainnya.

“Berdasarkan informasi kita saat ini, ada 14 kegiatan yang dilaporkan menggunakan dana hibah itu. Ini masih perlu kita dalami, apakah ada yang fiktif atau ada yang di mark up. Masih kita selidiki. Termasuk dengan memeriksa pihak-pihak lainnya,” ujar Kasi Intel.

Samandhohar mengatakan, pemeriksaan dilakukan setelah Kejaksaan menengarai ada penyelewengan pemanfaatan dana hibah tersebut. Pemeriksaan terhadap 9 orang itu dilakukan sejak akhir November hingga pertengahan Desember.

“Ada, kita melakukan lidik tentu karena ada indikasi. Termasuk meminta keterangan 9 orang itu,” kata Samandhohar.

READ
Tegahnya Kepsek Ini Kibulin Murid SMPN1 Pamatang Silimahuta Simalungun Demi Uang

Adapun Dewan Pengurus Daerah (DPD) KNPI Tapsel ketika itu (periode 2018-2021) diketuai oleh Hajrul Aswat Siregar dan Dolly Pasaribu sebagai sekretaris. Di mana Dolly Pasaribu saat ini, merupakan Bupati Tapsel hasil Pilkada 2020 lalu.

Pada 2019 Pemkab Tapsel memberi hibah sebesar Rp 800 Juta, kepada KNPI Tapsel. Pada saat itu, jumlah yang diterima KNPI ini, merupakan jumlah dana hibah terbesar untuk ukuran Kabupaten/Kota di Sumut.

Penggunaan dana hibah ini lah yang saat ini sedang diselidiki oleh Kejari Tapsel. Penyelidikan itu dilakukan setelah keluarnya surat perintah penyelidikan Nomor 02/L:35/PD.1/11/2021.
(tim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

DPPKB dan BKPSDM lakukan Sosialisasi di Ulakan Tapakih Guna Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19

Ulakan Tapakih,-InfoBeritaKarawang- Sehubungan dengan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten...

Ritual Kelapa Gading Kembar Menguak ” Jabalekat’.

Blitar-InfoBeritaKarawang. Penanaman pohon kelapa gading kembar di pantai desa...

BAPPEDA Karawang Gelar Development EXPO KE 2 Tahun 2015

KARAWANG,InfoBeritaKarawang. Pemkab Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Karawang...

Praktek Perjudian Di Kota Batam Jenis Dadu Goncang ,Gelper Leluasa Beroperasi

BATAM-InfoBeritaKarawang. Praktek perjudian di kota Batam berperasi secara leluasa...