Bupati Toba Paparkan Sejumlah Capaian Kerja 2021 pada Temu Pers di Balai Data

Date:

Balige, InfoBeritaKarawang- Didampingi sejumlah Pejabat dari beberapa Dinas, Bupati Toba, Ir Poltak Sitorus menyampaikan capaian kerja sementara dalam kurum waktu tahun 2021.

Dalam kegiatan Konferensi Pers yang baru kali ini dilaksanakan di hadapan para Jurnalis pada Aula Rumah Dinas Bupati Toba, Kamis (16/12/21021), bupati secara detail memaparkan berbagai hal.

Diawali dengan sambutannya, Poltak menyebut bahwa baru kali inilah ada kesempatan melakukan Konferensi Pers sekaligus tatap muka dengan para wartawan yang bertugas meliput di wilayah Toba.

“Sudah sejak lama saya menginginkan Moment yang baik, namun puji Tuhan, walau kesibukan sangat luar biasa, ditambah suasana Pandemi yang belum reda, akhirnya kita dapat berkumpul saat ini,” sebutnya.

Poltak juga menyampaikan bahwa kerjasama yang lebih erat dengan para jurnalis harus dikembangkan mengingat Tupoksi wartawan yang sangat signifikan dalam mendukung pembangunan di segala bidang.

Selanjutnya, pencapaian demi pencapaian yang telah dilaksanakan di empat dinas yakni Dinas Pendidikan (Diknas), Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD), Dinas Kesehatan (Dinkes), dan Rumah Sakit Umum (RSU) secara bergantian dipaparkan.

Dalam laporannya, Dinkes menyebut bahwa saat ini di Kabupaten Toba sebanyak 19 UPT Puskesmas sudah ter- Akreditasi serta 10 UPT Puskesmas sudah dalam Akreditasi Dasar, sedangkan di Tahun 2022, Perencanaan Survei Re- Survei akan dilakukan kepada 12 UPT Puskesmas.

Dimana Program dan Kegiatan di Tahun 2021 yang sudah terealisasi yakni:
1. Pengadaan Obat,vaksin;
2. Pembangunan Puskesmas (Upt Puskesmas Ajibata);
3. IPAL LAGUBOTI-AEK NATOLU;
4. Pengadaan Sarana Fasilitas Pelayanan Kesehatan;
5. Pengadaan Prasarana dan Pendukung Fasilitas Pelayanan
Kesehatan; dan
6. Pengadaan Alat kesehatan/Alat Penunjang Medik Fasilitas
Pelayanan Kesehatan.

Selanjutnya, dalam paparan dari Diknas disampaikan disampaikan beberapa hal penting diantaranya:
– Berdasarkan SKB 4 Menteri, Surat Edaran Gubernur Sumatera Utara dan Rapat Satuan Tugas Covid-19 Kab. Toba dimana sejak 21 September 2021 sesuai Surat Edaran Bupati nomor 4673 bahwa Pelaksanaan Tatap muka Terbatas sudah dimulai di 13 Kecamatan.

READ
Proses Hukum Terhadap Penambang Pasir Illegal Berhenti,Bapelda Batam Bungkam

– Pada Tanggal 27 September 2021 sesuai Surat Edaran Bupati
Nomor 4711 Kecamatan Pintu Pohan Meranti Dan Lumbanjulu Dapat Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas .

– Tanggal 12 Oktober 2021 sesuai Surat Edaran Bupati Nomor 4872 Seluruh Kecamatan Telah Diberi Ijin Melaksanakan Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Tingkat SD dan SMP.

– Tanggal 1 November 2021 sesuai Surat Edaran Bupati Nomor 1232 Seluruh Kecamatan Telah Diberi Ijin

Dalam kesempatan itu, Sekretaris Dikdas, Richardo Hutajulu mengajak para warga sekolah untuk tidak larut dengan masa Pandemi saat ini, namun dengan semangat Natal harus bangkit melawan Covid19,” imbau Richardo.

Paparan dilanjutkan oleh Pejabat PMD yang menyebut bahwa perhelatan Pilkades sukses dilaksanakan, dimana sebanyak 41 desa melakukan Pilkades dengam jumlah Cakades sebanyak 105, 23 diantaranya adalah Incumbent.

Diterangkan juga bahwa total jumlah Pagu Anggran Dana Desa Tahun 2021 yakni sebesar Rp. 177.074.852.000; dengan Total BLT yang sudah cair sebesar 4.423.200.000 x 12 = Rp. 53.078.400.000;

Adapun program yang sudah terlaksana di PMD diantaranya Penataan dan Pembinaan Lembaga Kemasyarakatan Desa dan Lembaga Adat Desa serta Konvergensi Pencegahan dan Penurunan Angka
Stunting.

Selain itu, Pelatihan Kader Kesehatan dan Kader Pembangunan Manusia (KPM) dalam upaya Pencegahan dan Penurunan Angka Stunting serta Monitoring Pelaksanaan Posyandu juga sukses dilaksanakan.

Sebagai pemapar terakhir, Pihak RSU menyebut bahwa saat ini RSUD Porsea adalah satu – satunya RS kelas C sebagai pusat rujukan dari puskesmas – puskesmas yang ada di Kabupaten Toba dan melayani pasien umum, BPJS Kesehatan.

Dimana sesuai Permenkes RI Nomor 275 Tahun 1979, Rumah Sakit Umum Daerah Porsea ditetapkan menjadi rumah sakit kelas C yakni pada 5 Juni 1996 dimana RSUD Porsea dinyatakan memenuhi standar rumah sakit yang terakreditasi perdana pada tanggal ditetapkan 31 Desember 2018 berlaku sampai 21 November 2021.

READ
Anggota Kodim 0808/Blitar, Selalu Siap Amankan Ikon wisata di Blitar

Dan pada saat ini RSUD Porsea telah memperpanjang akreditasi
hingga tanggal 22 November 2022.

Sesuai dengan Peraturan Bupati Toba Nomor 8 Tahun 2021, RSUD Porsea telah ditetapkan sebagai Badan Layanan Umum Daerah pada tanggal 16 Februari 2021.

Dalam Mendukung Misi Bupati Toba pada Point 3 yakni : “Menciptakan Kesehatan yang prima dan terjangkau”, maka saat ini Pihak RSUD Porsea telah merencanakan beberapa pengembangan layanan baru. (JP/Rms).

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

DPPKB dan BKPSDM lakukan Sosialisasi di Ulakan Tapakih Guna Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19

Ulakan Tapakih,-InfoBeritaKarawang- Sehubungan dengan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten...

Ritual Kelapa Gading Kembar Menguak ” Jabalekat’.

Blitar-InfoBeritaKarawang. Penanaman pohon kelapa gading kembar di pantai desa...

BAPPEDA Karawang Gelar Development EXPO KE 2 Tahun 2015

KARAWANG,InfoBeritaKarawang. Pemkab Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Karawang...

Praktek Perjudian Di Kota Batam Jenis Dadu Goncang ,Gelper Leluasa Beroperasi

BATAM-InfoBeritaKarawang. Praktek perjudian di kota Batam berperasi secara leluasa...