Usaha Pedanging Ternak Ayam Merupakan Prospek Baik Masa Pandemi Covid-19

Date:

KAMPUNG DALAM -InfoBeritaKarawang- Komunikasi sosial dilakukan Serda Fachrul Rija dikandang ayam pedaging milik pak Pendi di Korong sawah Rawang Nagari Campago Barat Kecamatan V Koto Kampung Dalam Sabtu ( 18/ 12/2021).

Salah satu jenis usaha yang memiliki prospek cukup baik dan diminati orang karena keuntungannya yang menjanjikan adalah ternak ayam pedaging, dan inilah usaha yang ditekuni pak Pendi diera pandemi yang serba terbatas.

“Sambil berkeliling didalam kandang ayam pak Pendi menjelaskan beberapa trik memelihara ayam pedaging kepada Serda Fachrul Rija”:

1. Menentukan lokasi kandang
Hal yang pertama yang perlu dilakukan jika ingin memulai budidaya ternak ayam pedaging adalah menentukan lokasi kandang, disarankan memilih lokasi kandang yang mudah dijangkau dan dapat diakses oleh transportasi. Usahakan juga untuk memilih lokasi yang berada di tempat yang tidak bising, jauh dari pemukiman masyarakat dan dekat dengan sumber air.

2. Membuat kandang
Ada 2 jenis kandang yang sering dibuat oleh para peternak ayang pedaging yaitu jenis kandang tanpa panggung dan jenis kandang bentuk panggung.

Kandang tanpa panggung sering digunakan oleh para peternak ayam pedaging karena pembuatannya yang mudah dan biayanya juga relatif murah, tetapi memiliki kelemahan yaitu kandang yang mudah kotor dan susah dibersihkan sehingga hasil panen kurang maksimal.

Kandang bentuk panggung jenis kandang ini membutuhkan biaya yang cukup mahal untuk pembangunannya, tetapi memiliki keuntungan mudah dibersihkan karena kotoran ayam tersebut akan langsung jatuh kebawah sehingga ayam akan lebih sehat dan panen akan lebih maksimal.

3. Memilih Bibit
Saat memilih bibit disarankan memperhatikan beberapa poin sbb:
– Pilih bibit yang gerakannya aktif,sehat dan tidak mengalami cacat fisik atau sakit.
– Bibit harus memiliki tubuh yang bulat, gemuk dan berisi.
– Usahakan bibit memiliki bulu yang tidak terlihat kusam, sehat dan mengkilap, mata terlihat tajam dan hidung yang bersih.

READ
Pembayaran Non Tunai, Restribusi Pungutan Masuk Dan Parkir Bagi Objek Wisata di Agam

4. Pemberian pakan
Pemberian pakan ayam sangat penting untuk memenuhi Nutrisi ayam agar dapat tumbuh dengan maksimal. Hal-hal yang perlu di perhatikan dalam pemberian pakan yaitu isi kandungan pakan dan waktu saat pemberian pakan. Untuk pemberian pakan dapat menggunakan sistem _adlibilitum_, sehingga makanan selalu tersedia dan tanpa batas dan pastikan pakan tersebut selalu tersedia ditempat pakan agar tubuh ayam lebih cepat gemuk. Apa bila isi 1 kandang di isi bibit 5000 ekor ayam, umur 0 hari sampai umur 34 hari maka kita membutuhkan pakan sampai 12,5 ton.

5. Cara memelihara
Pada 7 hari pertama, bibit ayam unggul langsung dimasukkan ke incubator dan diberi pakan juga minum air hangat. Setelah masuk hari ke 8 atau Minggu ke 2, kurangi suhu incubator dan berikan bibit ayam pakan jenis crumbles. Masuk Minggu ke 3 incubator dapat dimatikan karena ayam tidak lagi membutuhkan pemanas. Diminggu ke 4 bulu ayam akan tumbuh, otomatis ayam tersebut membutuhkan pakan yang banyak, bahkan sampai 2 kali lipat dari biasanya dan ayam siap untuk di panen. Biasanya pada umur 26-34 hari kisaran berat ayam 1,2 kg sampai 2’6 kg/ ekor Ungkap pak Pendi.

6. Panen dan sanitasi
Setelah ayam berumur 26-34 hari maka ayam bisa dipanen dan melakukan penjualan ke distributor dan kekonsumen yang datang sendiri kekandang untuk membeli ayam tersebut, karena setiap hari Masyarakat akan membeli daging ayam dan permintaannya pun terus meningkat setiap tahunnya.
Harga perekor ayam pedaging Rp 23 rb/Kg.

“Setelah ayam panen jangan lupa untuk melakukan pengapuran pada bagian dinding dan lantai kandang untuk sanitasi setelah selesai panen”tambah pak pendi

Sambil memperhatikan ternak ayam dalam kandang Serda farul Rija menyampaikan,” kotoran ternak ayam juga sangat berguna bagi masyarakat sekelilingnya bermanfaat bagi pertanian dan perkebunan Sbg pupuk organik bagi berbagai macam tanam disamping penggunaan pupuk kimia Krn diwilayah di kecamatan kampung usaha warga umumnya bergerak di udang pertanian dan kandang ayam terjaga pula kebersihannya”.

READ
Lebu Raya; NTT Bisa Produksi Bawang Sendiri

Serda Fachrul Rija memberikan motivasi kpd Pak Pendi dan masyarakat yg ada dilingkungan tersebut agar selalu giat dan tetap semangat dlm menjalankan aktivitas usaha peternakan Krn dgn usaha ini sangat menguntungkan sekali bagi kesejahteraan perekonomian masyarakat dan terpenuhinya kebutuhan gizi warga, kebutuhan permintaan warung- warung makan serta kebutuhan warga baik dipasar rakyat dikecamatan maupun kebutuhan pasar diluar daerah kab Padang Pariaman.( Zl Tjg)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

DPPKB dan BKPSDM lakukan Sosialisasi di Ulakan Tapakih Guna Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19

Ulakan Tapakih,-InfoBeritaKarawang- Sehubungan dengan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten...

Ritual Kelapa Gading Kembar Menguak ” Jabalekat’.

Blitar-InfoBeritaKarawang. Penanaman pohon kelapa gading kembar di pantai desa...

BAPPEDA Karawang Gelar Development EXPO KE 2 Tahun 2015

KARAWANG,InfoBeritaKarawang. Pemkab Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Karawang...

Praktek Perjudian Di Kota Batam Jenis Dadu Goncang ,Gelper Leluasa Beroperasi

BATAM-InfoBeritaKarawang. Praktek perjudian di kota Batam berperasi secara leluasa...