Kapolres ,Dandim 0207,Wakil Bupati Beri Rasa Aman Menyabut Nataru di Kab Simalungun

Date:

Simalungun InfoBeritaKarawang News.Com-Polres Simalungun menggelar Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Toba Tahun 2021 dalam rangka memberikan rasa aman dan nyaman pada Perayaan Natal tahun 2021 dan Tahun Baru 2022 (Nataru) bertempat di Lapangan Olahraga Koramil Type A Makodim 0207/Simalungun Jalan Asahan, Km 4,5 Kecamatan Siantar Kabupaten Simalungun, Kamis (23/12/2021) pagi

Apel itu dihadiri Forkopimda Plus Kabupaten Simalungun diantaranya Danrem 022/PT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, SAP, Kapolres AKBP Nicolas Dedy Arifianto, SH, SIK, MH, Wakil Bupati (Wabup) H. Zony Waldi S.Sos, MM, Dandim 0207 / Simalungun Letkol Inf Roly Sohuoka, S.IP, Waka Polres Kompol Efianto, SH. MH, Perwakilan Ketua MUI Simalungun Purn. Akp Syafii SH.

Kemudian Pasi ops Kodim 0207/SML Kapten.Totok Ragil, Kabag Ops Kompol Juni Herimon Situmorang, SH, Sekda Drs. Esron Sinaga, MSi, Kasat Lantas AKP Hendrik Fernandes Aritonang, SIK, MH, Kasat Intelkam AKP Restuadi, SH, Seluruh Kapolsek Sejajaran Polres Simalungun, Kepala Dinas Kesehatan dr.Lidya Rayawati Saragih, M.Kes, Direktur Rumah Sakit Se-Kabupaten Simalungun, Kadis Perhubungan, Barisan Personel TNI-Polri, Dinas Kesehatan, Damkar, Dishub serta Pramuka Kabupaten Simalungun.

Danrem 022/PTT Kolonel Inf Parlindungan Hutagalung, S.A.P., selaku inspektur upacara (Irup) memasang tanda pita pertanda Ops Lilin Toba 2021 kepada perwakilan personil kemudian membacakan amanat tertulis Kapolri yang menyampaikan apel Gelar Pasukan Operasi Lilin-2021 diselenggarakan secara serentak di seluruh jajaran Polri, mulai dari tingkat Mabes Polri hingga kesatuan kewilayahan.

Apel gelar pasukan ini dilaksanakan sebagai bentuk pengecekan akhir kesiapan pelaksanaan Operasi “Lilin 2021” dalam rangka pengamanan perayaan Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru 2022, baik pada aspek personel maupun sarana prasarana, serta keterlibatan unsur terkait seperti TNI, Pemda, dan Mitra kamtibmas lainnya.

READ
Walikota Jakarta Timur Pimpin Pembongkaran Makam Fiktif

Kapolri mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada seluruh personel dan pemangku kepentingan yang terlibat dalam Operasi Lilin Tahun 2021, semoga pengabdian tugas yang kita laksanakan dengan penuh keikhlasan ini, akan menjadi catatan amal ibadah dihadapan Tuhan Yang Maha Esa. Sekecil apapun peran yang diberikan kepadamu, itu akan memberi catatan sejarah bagi perjalanan hidupmu, yang suatu saat bisa kamu torehkan dan ceritakan kepada anak cucumu kelak

“Tidak lupa, pada kesempatan yang baik ini saya
juga mengucapkan “Selamat Hari Raya Natal 2021 dan Tahun Baru 2022. Semoga Allah SWT, Tuhan Yang Maha Kuasa, senantiasa memberikan perlindungan, kekuatan, dan keselamatan kepada kita, dalam melanjutkan pengabdian terbaik kepada masyarakat, bangsa, dan negara, dalam bingkai persatuan dan kedamaian,”kata Kapolri.

Ketika dikonformasi Kapolres Simalungun Akbp Nicolas Dedy Arifianto, S.H., S.I.K., M.H., menyampaikan bahwa Perayaan Natal dan Tahun Baru oleh masyarakat secara universal dirayakan melalui kegiatan ibadah dan perayaan pergantian tahun di tempat-tempat wisata, yang akan meningkatkan aktifitas pada pusat keramaian, Peningkatan aktifitas masyarakat ini tentu saja sangat berpotensi menimbulkan gangguan kamtibmas, gangguan kamseltibcar lantas, dan pelanggaran protokol kesehatan Covid-19. Oleh karena itu, Polri menyelenggarakan Operasi Lilin-2021 yang akan dilaksanakan selama 10 hari, mulai dari tanggal 24 Desember 2021 sampai dengan tanggal 2 Januari 2022, dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif secara humanis, serta penegakan hukum secara tegas dan profesional. Tentunya dengan tetap menerapkan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19, sehingga masyarakat dapat merayakan Natal dan Tahun Baru dengan rasa aman dan nyaman. Ucap Kapolres.

Lebih lanjut Kapolres menjelaskan bahwa berdasarkan mapping kerawanan yang telah dilakukan, ada beberapa prediksi gangguan kamtibmas yang harus kita antisipasi, antara lain ancaman terorisme dan radikalisme, ancaman sabotase, penyalahgunaan narkoba, pesta miras, aksi perusakan fasilitas umum, aksi kriminalitas seperti curat, curas, curanmor, tawuran antar kelompok pemuda atau antar kampung, balap liar, kemacetan dan kecelakaan lalu lintas, maupun ancaman bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak dari musim penghujan, untuk itu “Saya menghimbau kepada seluruh masyarakat kabupaten simalungun, untuk tetap waspada selama operasi lilin toba ini, bagi masyarakat yang akan melaksanakan ibadah hendaknya tidak membawa barang-barang yang berlebih, namun bawalah barang yang memang diperlukan dalam pelaksanaan ibadah, tidak membawa tas yang berukuran besar, tetap menjaga prokes yang ketat, hal ini bertujuan agar dalam perayaan hari natal dan tahun baru tidak menimbulkan claster baru.

READ
Direktur Ditreskrimsus Poldasu Kumpulkan Barang Bukti Jerat Bupati Nisel

Dikatakan Kapolres, dalam pelaksanaan Ops Lilin Toba 2021 kita akan mempedomani Instruksi Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Nomor 66 Tahun 2021, Tentang Pencegahan dan Penanggulangan Corona Virus Disease 2019 Pada Saat Natal Tahun 2021 dan Tahun Baru Tahun 2022. Untuk itu dalam pelaksanaan Ops Lilin Toba 2021 kita akan mendirikan 6 Pos Pengamanan dengan 1 Pos Pelayanan, dengan mekanisme penggunaan aplikasi pedulilindungi.

Setiap Masyarakat yang akan memasuki wilayah kabupaten simalungun akan dilakukan pemeriksaan aplikasi pedulilindungi tersebut, Scand Barcode untuk melihat masyarakat sudah divaksin atau belum, jika belum kita juga sudah menyiapkan TIM Vaksinator untuk memberikan vaksin terhadap masyarakat tersebut, serta apabila ditemukan masyarakat yang sama sekali belum divaksin maka kita akan lakukan pemeriksaan swab antigen, dan jika apabila masyarakat tersebut dinyatakan reaktif, Pos Pam juga sudah disiagakan TIM Penanganan Persebaran Covid-19 maka masyarakat tersebut akan dilakukan pemeriksaan mendalam dengan dibawa ke Rumah Sakit yang sudah disiapkan untuk dilakukan isolasi sementara, Ujar Akbp Dedy.
Usai apel gelar pasukan, Kapolres Simalungun bersama Forkopimda Plus melihat pelaksanaan Simulasi Aplikasi Peduli Lindungi pada pelaku perjalanan dalam negeri jelang Perayaan Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 yang diperagakan oleh Personel Satuan Lalu Lintas Polres Simalungun. ( SL

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Share post:

Subscribe

spot_imgspot_img

Popular

More like this
Related

DPPKB dan BKPSDM lakukan Sosialisasi di Ulakan Tapakih Guna Percepatan Capaian Vaksinasi Covid-19

Ulakan Tapakih,-InfoBeritaKarawang- Sehubungan dengan rendahnya capaian vaksinasi di Kabupaten...

Ritual Kelapa Gading Kembar Menguak ” Jabalekat’.

Blitar-InfoBeritaKarawang. Penanaman pohon kelapa gading kembar di pantai desa...

BAPPEDA Karawang Gelar Development EXPO KE 2 Tahun 2015

KARAWANG,InfoBeritaKarawang. Pemkab Karawang melalui Badan Perencanaan Pembangunan Kabupaten Karawang...

Praktek Perjudian Di Kota Batam Jenis Dadu Goncang ,Gelper Leluasa Beroperasi

BATAM-InfoBeritaKarawang. Praktek perjudian di kota Batam berperasi secara leluasa...